UKM-LSP LATIH PELAJAR JADI JURNALIS


                                                                                                        Foto bersama: peserta (atas), panitia (bawah)

Ratusan pelajar dari pelbagai sekolah di kota/kabupaten Bogor mengikuti president (press education) yang diadakan Unit Kegiatan Mahasiswa Lingkar Studi Pers (LSP) Unida di aula gedung B Universitas Djuanda Bogor beberapa minggu yang lalu (06-07/11).
Kegiatan dengan tema membentuk insan jurnalis yang profesional ini diisi oleh instruktur berpengalaman, Acep Mulyana (kordinator liputan jurnal Bogor), Alfian Mujani (pemred jurnal Bogor), David Rizar Nugroho (ketua bidang pendidikan & pelatihan PWI). Masing-masing pembicara merupakan perwakilan dari perusahan dan lembaga yang jadi sponsor pada kegiatan tersebut, selain jurnal bogor dan PWI, telkomsel serta fakultas ilmu sosial, ilmu politik dan ilmu komunikasi (fisikom) unida juga turut berpartisipasi mensukseskan acara.
Kegiatan yang bertajuk president (press education) merupakan acara yang dikemas khusus untuk melatih para siswa tentang jurnalistik. materi yang disampaikan merupakan materi-meteri dasar yang mudah dicerna peserta. Motivasi untuk menjadi jurnalis merupakan meteri pertama yang disampaikan pada peserta pelatiahan, hal tersebut diberikan sebagai stimulus awal pada peserta untuk memberikan motivasi menjadi jurnalis.
“President ini bertujuan meningkatkan motivasi dan semangat para peserta untuk memperdalam dunia jurnalistik”. kata ketua pelaksana, Anton Surahmat. Dia juga menambahkan, president ini merupakan program LSP yang dilaksanakan setiap tahun, president kali ini merupakan acara pertama yang dislenggarakan atas kerjasama LSP dengan Jurnal Bogor, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kab. Bogor, Telkomsel dan juga fakultas ilmu sosial, politik & komunikasi Universitas Djuanda.
UKM-LSP sebagai pelaksana dari kegiatan press education akan terus mengawal para siswa yang jadi peserta secara terus menerus, setelah pelatihan para siswa akan diarahkan untuk membentuk club jurnalistik dimasing-masing sekolahnya untuk mempermudah siswa yang akan memperdalam dunia jurnalistik dengan menjadikan dirinya bagian dari club tersebut.
Tidak hanya sampai disitu LSP juga akan memberikan meteri-materi yang berkaitan dengan jurnalistik setiap bulan, dengan mengadakan pertemuan rutin. “kedepan kami akan selalu membimbing para peserta dan nantinya mereka didorong untuk membuat club jurnalistik dimasing-masing sekolahnya, kami juga akan selalu memberikan materi tambahan setiap bulanya dan kegiatan-kegiatan lain yang ada kaitannya dengan jurnalistik”. ujar pimpinan umum LSP Unida, Taufik Hadi Gunawan.
Di tempat terpisah salah satu peserta mengatakan sangat senang mengikuti acara ini, “awalnya saya tidak tertarik dengan jurnalistik, tapi setelah mengkuti kegiatan ini saya jadi ingin memperdalam. mudah-mudahan kegiatan ini terus diadakan” kata Hamidah yang merupakan perwakilan SMAN 1 Ciawi.# Elis Susanti

0 komentar:

 
Retorika Online © 2011 | Designed by Retorika Online, in collaboration with Unida Online, Email LSP Retorika and Marketing Iklan