Plant Attack, Plant Love For
A Better Agriculture 
Gambar :Pengunjung sedang memilih produk

LSP | Thya Larasaty

Ada yang berbeda di lapangan samping Rusunawa Bina Tauhid Universitas Djuanda Bogor, Kamis pagi (12/05/2011). Lapangan yang biasa digunakan berolahraga oleh pelajar di lingkungan yayasan Amaliah, terlihat ramai oleh pengunjung, tak hanya dari kalangan mahasiswa, adapula ratusan murid TK, pelajar SMP dan SMA, ibu – ibu, serta masyarakat lingkungan Ciawi.
Pagi itu tengah berlangsung pembukaan bazaar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Agronomi (HIMAGRON ) Universitas Djuanda. Bazaar yang bertajuk “Plant attack” dengan tema “Plant Love For A Better Agriculture” ini, merupakan bentuk apresiasi HIMAGRON terhadap dunia pertanian.
Acara yang dibuka lansung oleh Wakil Rektor III Bidang Kejasama dan kemahasiswaan (Warek III BKK) Ir. Himatul Mifftah M.Si ini, bertujuan untuk mengenalkan masyarakat terutama di lingkungan Ciawi terhadap pertanian dan menggugah minat masyarakat untuk mau menanam kembali.
Ditemuai desela-sela acara, Ketua Pelaksana Palant Attack Lukaman Fahmi menuturkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan dunia pertanian kepada masyarakat luas. “Melalui kegiatan ini kami ingin memperkenalkan kepada masyarakat akan pentingnya dunia pertanian serta produk pertanian, dapat dilihat dari hadirnya stand produk organik dan hidroponik, serta produk olahan pertanian lainnya, dengan hadirnya acara ini diharapkan mampu menggugah masyarakat untuk memulai gerakan go green, salah satunya ya dengan mulai gerakan menanam.” Tandasnya.
Plant attack ini rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 12 mei sampai 14 Mei mendatang, Tidak hanya sebatas itu, bazaar yang mengusung misi pertanian ini diisi oleh beberapa Stand yang berpartisipasi menawarkan produknya, diantanya, Himpunan Mahasiswa Agronomi ( HIMAGRON ) yang menjual produk pertanian seperti jamur, nangka, serta beberapa bibit tanaman, Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian ( HIMATIP ) yang menjual sabun handmade dan dodol berbahan baku rosella, Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (HIMASEP) dengan produk ice cream cassalove yang menggunakan bahan baku singkong, Aliansi Organis Indonesia, sebuah Lembaga Swadaya masyarakat dengan berkonsentrasi pada produk pertanian organik. Selain itu adapula stand – stand yang menyediakan produk makanan, pakaian, dan accecoris.
Gambar :Peserta lomba mewarnai
Untuk menarik pengunjung, pihak penyelenggara mengadakan bermacam lomba untuk semua tingkatan pelajar, di hari pertama pembukaannya (plant attack,red) digelar lomba mewarnai tingkat TK se wilayah Ciawi yang diikuti oleh 12 TK dengan total peserta lebih dari 200 murid. Sedangkan pada tanggal 13 Mei, dilaksanakan lomba puisi untuk pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa, dan untuk hari penutupan akan digelar lomba band tingkat SMA dan umum, tidak cukup sebatas itu panitia juga mengahadirkan Guest Star yaitu, Pertunjukan dari sanggar seni teater Lentera dan band mahasiswa.
Acara bazaar semacam ini diakui cukup jarang diselenggarakan di lingkungan kampus Unida, sehingga pihak kampus sangat menyambut hangat. “Pihak kampus sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena jarang sekali ada acara – acara besar semacam plant attack. Diharapkan himpunan mahasiswa lain tergerak untuk membuat event – event semacam ini, yang akan berimbas positif baik terhadap pengembangan mahasiswa maupun untuk pihak kampus” ungkap Ir. H. Himmatul Miftah, M.Si dalam sambutannya. Hal senada juga diungkapkan oleh ketua program Studi Agronomi, Ir.Nurrohman. “Ke depannya kita akan mencoba mendorong himpunan mahasiswa lain untuk mengadakan event – event semacam ini. Di fakultas Agribisnis dan Teknologi Pertanian ada 5 himpunan mahasiswa, bila setiap himpunan mahasiswa mengadakan 2 event besar setiap tahunnya, maka ada 10 event besar setiap tahun di kampus kita ini” tutur beliau.
Tak hanya pihak kampus yang menyambut hangat, masyarakat dan mahasiswa pun memberikan respon yang positif. Plant attack merupakan kegiatan perdana himpunan mahasiswa Agronomi dengan segmentasi seluruh lapisan masyarakat, terutama yang berada di sekitar kampus dan wilayah ciawi. “Acara ini cukup bagus meski informasinya terkesan mendadak, tapi untuk masyarakat yang awam tentang dunia pertanian seperti saya, acara ini sangat positif. “ tutur salah seorang guru TK yang tengah mendampingi murid – muridnya mengikuti lomba mewarnai. Tanggapan positif lain datang dari seorang mahasiswi jurusan perikanan. “acara ini lumayan besar yang pernah ada di Unida, semoga dengan hadirnya acara ini nama Unida akan semakin terangkat dikalangan masyarakat lua” Harap Devi.
Keberhasilan HIMAGRON menyelenggarakan acara Plant Attack tersebut tak lepas dari dukungan pihak universitas, Pemerintah kota bogor, dan Radio Republik Indonesia. Di samping itu beberapa perusahaan ternama seperti Sakafarma, Kalbe Farma, PT. Aqua Golden Mississipi turut menjadi sponsor acara tersebut. Pihak penyelenggara sangat berharap akan semakin banyak acara – acara meriah yang melibatkan banyak pihak dan masyarakat di kampus unida. Dunia luar perlu tahu bahwa di kampus Unida pun banyak sumber daya manusia di bidang pertanian yang kompeten dan peduli. “kami ingin menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa di Unida pun banyak mahasiswa pertanian yang berkompeten dan peduli pada bidangnya yang tak kalah dengan mahasiswa dari universitas di luar sana dan kami pun berharap semoga fakultas agribisnis dan teknologi pertanian akan semakin maju.” papar Lukman Fahmi menakhiri.[lsp]

1 komentar:

  1. Anonim mengatakan...:

    Terima kasih untuk blog yang menarik

 
Retorika Online © 2011 | Designed by Retorika Online, in collaboration with Unida Online, Email LSP Retorika and Marketing Iklan