LSP RETORIKA HUNTING BERITA

Laporan : Tya Larasati

PUNCAK.Minggu (25/09) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lingkar Studi Pers (LSP) Retorika Universitas Djuanda (UNIDA) mengadakan Hunting Berita ke Telaga Warna, sebuah tempat wisata alam yang berada di Kawasan Puncak Bogor. Kegiatan yang hanya diikuti oleh lima orang anggota LSP itu bertujuan untuk mengasah kemampuan nalar dan kepekaan setiap anggota dalam menjadikan setiap hal yang dilihat sebagai objek pemberitaan. Tak hanya itu, hunting berita tersebut juga merupakan ajang silaturahim bagi para anggota pasca lebaran.

Sebelum pencarian berita, Pimpinan Redaksi, Anton Surahmat mengadakan briefing bagi para anggota mengenai tahapan pencarian berita. Menurutnya, cara pendekatan terhadap narasumber perlu diperhatikan karena akan sangat berbeda menghadapi narasumber masyarakat biasa dengan orang yang memiliki jabatan. Selain itu, peserta dilatih bagaimana menghadapi berbagai karakter narasumber.

Untuk melatih keterampilan mencari berita, peserta dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok tersebut bebas membuat jenis berita apapun dan tanpa dituntut dengan suatu tema. Meski proses pencarian berita sempat terkendala oleh peraturan tempat wisata yang ketat, dimana proses peliputan perlu rekomendasi dan izin langsung dari penanggung jawab taman wisata yang saat itu tidak berada di tempat, namun kegiatan hunting berita dapat berjalan lancar.






0 komentar:

 
Retorika Online © 2011 | Designed by Retorika Online, in collaboration with Unida Online, Email LSP Retorika and Marketing Iklan